BUNGA ROSELA




Salah satu tanaman yang ada di taman SD Negeri 1 Sokoboyo yaitu bunga Rosella, kebetulan musim ini bunganya mekar untuk yang pertama kalinya.

Bunga rosela adalah salah satu jenis bunga yang berasal dari benua Afrika dengan nama latin Hibiscus sabdariffa.Awalnya tanaman ini hanya dimaksudkan sebagai bunga penghias taman karena terlihat cantik dipandang, akan tetapi dibalik keindahannya juga terdapat berbagai manfaat yang dapat kita nikmati, antara lain:


  1. Mengatasi infeksi dan peradangan
  2. Mengurangi rasa cemas dan depresi
  3. Mencegah tumor dan kanker
  4. Menjaga kesehatan pencernaan
  5. Menjaga kesehatan organ hati
  6. Menurunkan kadar lipid darah
  7. Menurunkan tekanan darah
  8. Menurunkan berat badan


Untuk mendapatkan khasiat dari bunga rosela salah satunya adalah dengan membuatnya menjadi minuman, Cara membuat teh bunga rosella hangat yaitu:



Bahan:
  • 2-3 bunga rosella (bisa saat segar atau kering)
  • gula secukupnya
  • 1 cangkir air panas
Cara membuat:
Masukkan 2-3 bunga rosela dan gula ke dalam gelas. seduh dengan air mendidih, Biarkan selama beberapa menit hingga air berubah warna menjadi kemerahan. Teh hangat rosela yang nikmat siap dinikmati. Selain disajikan sebagai minuman hangat teh rosela juga bisa disajikan sebagai minuman dingin.

Selain sebagai minuman, di negeri asalnya, Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela, sementara di Jamaika, dibuat salad buah yang dimakan mentah. Adakalanya juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula. Di Mesir, rosela diminum dingin pada musim panas dan diminum panas saat musim dingin. Di Sudan, menjadi minuman keseharian dengan campuran garam, merica, dan tetes tebu. Minuman itu juga menghilangkan efek mabuk dan mencegah batuk. Tak jarang, rosela juga dimanfaatkan untuk diet, penderita batuk, atau diabetes gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung. Selain itu, bubuk biji bunga rosela juga dapat dijadikan campuran minuman kopi.







Ayo, mari kita manfaatkan tanaman herbal di sekeliling kita!



Comments