SISWA SIAP JADI JUMANTIK CILIK



Hayo, apakah kalian tahu apa itu jumantik?













ya benar, jumantik adalah singkatan dari juru pemantau jentik. Tugasnya memantau keberadaan jentik-jentik nyamuk di tempat penampungan air di lingkungan warga.


Profesi jumantik ini muncul karena banyaknya kasus demam berdarah dengue (DBD). Nah petugas jumantik biasanya berasal dari warga di lingkungan masing-masing. Umumnya kaum ibu yang mau bertugas jadi jumantik. Atau setidaknya jumantik adalah dari kalangan orang dewasa. 


Namun, pada hari Senin, tanggal 1 April 2019, siswa-siswi di SD Negeri Sokoboyo, Slogohimo, Wonogiri, diberikan pelatihan oleh Tim dari Kecamatan Slogohimo untuk menjadi jumantik cilik.


Siswa-siswi diberi pelatihan tentang materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), pemantauan jentik disertai dengan praktik lapangan. Meliputi pemeriksaan tempat yang bisa jadi perindukan nyamuk, misal di bagian bawah dispenser, bak kamar mandi, selokan sekolah dan lain-lain.


Melalui kegiatan ini diharapkan terbentuk sikap siswa yang peduli kebersihan, baik di lingkungan sekolah maupun tempat tinggalnya masing masing.

Comments